Sejarah Singkat Perusahaan Lenovo (Legend Group)

Sejarah Singkat Perusahaan Lenovo (Legend Group) - Lenovo Group Limited, sebelumnya memiliki nama yaitu Legend Group, merupakan produsen Personal Computer (PC) terbesar di Republik Rakyat Cina (RRC). Pada 2004, Lenovo kini menjadi produsen Personal Computer (PC) terbesar urutan kedelapan di dunia.

Selain memproduksi PC, Lenovo juga menjual komputer server, smartphone, kamera, dan handphone. Selain itu, Lenovo juga menyediakan technology integration dan support services.

Lenovo (Legend Group)


Pada bulan Desember 2004, Lenovo juga mempunyai keinginan untuk mengambil alih PC IBM, yaitu perusahaan asal Amerika Serikat yang pernah memegang monopoli pasar perdagangan komputer dunia. Lenovo berharap membuat produknya terjual laku di kawasan Barat agar dapat menjadi produsen komputer terbesar di dunia.

Pada tangal 1 Mei 2005, perusahaan Lenovo dengan resmi mengambil alih perusahaan PC IBM tersebut.
Berikut ini adalah 7 fitur andalan yang dimiliki oleh Lenovo:

1. Desain
Tampilam elegan dan lebih membidik pasar anak muda. Penilaian ini tentunya tak bisa dimasukkan untuk produk ThinkPad. Sebab, dari sisi desain, ThinkPad sepertinya tak berani berevolusi dari sisi bentuk. Sementara tipe lain dari produk Lenovo, bolehlah bisa dikatakan elegan.

2. Sentuhan Sensitif
Salah satu fitur cukup canggih di produk anyar Lenovo adalah kemampuan layar sentuh di produk PC-nya. Teknologi layar sentuh yang diusung tersebut ternyata dibuat khusus untuk menyambut Windows 7.

3. Face Recognation
Kemampuan mengenal wajah, di jajaran produk Lenovo juga diklaim memiliki tingkat akurasi yang lebih baik. Selain itu, pengaturan sensitifitasnya bisa diatur sesuai kebutuhan pengguna. Mulai dari yang high hingga low security.

“Tingkat akurasi Lenovo lebih baik, bahkan perbedaan cahaya sekalipun tak mempengaruhi akurasinya,”

4. One Key
Sistem ’satu tombol’ alias one key yang berfungsi sebagai sistem recovery dan anti virus. Sistem ini, dikatakan juga compatible dengan norton anti virus. Hebatnya lagi dapat dijalankan ketika pengguna belum masuk ke sistem operasi atau ketika masih booting.

5. Airbag System
Fitur ini memang khusus ada di seri ThinkPad. Fungsinya sebagai bantalan untuk hardisk, semacam pengamanan anti benturan hardisk. “Jadi walaupun notebook itu jatuh, data dijamin tak akan hilang,”

6. Lenovo Energy Management
Ini merupakan utility pengatur baterai. Tujuannya, user bisa mengelola daya tahan baterai komputer jinjingnya karena asupan baterai bisa di-customize sesuai kebutuhan.

7. Dolby Surround
Notebook Lenovo juga sudah support teknologi dolby. Suara stereo biasa bisa di-upmix menjadi suara surround dan mempunyai tingkat kejernihan yang lebih baik dari speaker biasa.


Masa kesuksesan perusahaan Lenovo Group

Lenovo Group berhasil beradaptasi dengan pasar dunia bahkan di luar lingkup pasar PC (komputer) dan menjadi salah satu perusahaan teknologi personal paling maju dalam era yang disebut Lenovo Group sendiri sebagai sebuah era “PC+”. Kapitalisasi pasar hampir mencapai jumlah dua kali lipat antara akhir tahun fiskal 2010/ 2011 dan 2011/2012 dari US$ 5,7 miliar hingga US$ 9,3 miliar meskipun ada kendala dalam pasar PC dunia yang tengah lesu.

Para analis mengatakan jajaran produk Lenovo Group yang seimbang, dan kanal distribusi yang kuat dan kondisi keuangannya yang sehat dalam menyokong kegiatan bisnis menjadi faktor utama keberhasilan Lenovo Group bertengger di Hang Seng sebagai kekuatan bisnis utama sejak 4 Maret 2013.
Perusahaan tersebut melengkapi prestasi pertumbuhan organiknya dengan akuisisi untuk menuai keuntungan dan melakukan penetrasi ke pasar yang belum banyak dieksplorasi. Sejumlah kesepakatan bisnis di beberapa tahun terakhir termasuk akuisisi di Brasil (CCE) dan Jerman (Medion) dan sebuah perusahaan patungan (joint venture) dengan NEC Corporation dari Jepang. IDC mengatakan Lenovo merupakan pembuat “perangkat terhubung nan pintar” terbesar ketiga di dunia yang meliputi produk tablet PC, PC dan ponsel pintar.
Masuknya Lenovo ke dalam pasar smartphone yang di dalamnya Lenovo telah menaikkan segmen pasar sebesar 45% dari total penduduk dunia, menekankan tekad perusahaan itu memenangkan persaingan dalam mobile internet dan pasar di negara-negara berkembang.

Dengan mengujikan produk pertama di China sebelum peluncuran di belahan bumi lainnya, seharusnya menjadi keuntungan besar tersendiri untuk Lenovo dari siklus Windows 8 tahun ini.  Bangkitnya permintaan dalam sebuah perusahaan juga akan memberikan dorongan besar. Hubungan dan mode transaksi digunakan untuk melakukan penetrasi perusahaan besar dan sektor konsumen/ UMKM.
Kelemahan :

Dalam mencapai tujuan suatu perusahaan besar atau kecil tidak hanya memiliki kekuatan dalam mencapai tujuan yang diharapkan,namun sebuah perusahaan tentunya memeliki kelemahan baik dalam strategi maupun proses dalam mengimplementasikannya,sama halnya dengan perusahaan lenovo ini,seperti yang telah ditulis diatas mengenai kekuatan yang dimiliki sehingga produk lenovo cepat mengalami perkembangan,disisi lain juga terdapat kelemahan,antara lain perusahaan ini masih memiliki kesulitan untuk membuat nama produk dikenal sebagai barang berkualitas tinggi karena sejarah awal perusahaan yang berdiri dari negara china,karena pada saat ini pengguna masih menjadikan pertimbangan akan kualitas produk dengan negara asal pembuatan.
Meskipun lenovo memiliki kelemahan dalam pengembangan produknya,namun manajemen lenovo tetap optimis akan keberhasilan mencapai tujuan yang diinginkan,terbukti meskipun dengan latar belakang seperti demikian,lenovo pada tahun ini menempati peringkat ke 2 dalam penjualan produk terbaik tingkat dunia, banyaknya perubahan dengan menggandeng perusahaan-perusahaan yang telah lebih dahulu berhasil dalam bidangnya menjadi kekuatan yang akan membuat lenovo melangkah maju.

Baca juga :
Cara Mudah Root Android Lenovo A6000 / Plus Kitkat Dan Lollipop 100% Berhasil
Cara Gampang Pasang TWRP / CWM di Lenovo A6000 / Plus 100% Berhasil Tanpa PC
Cara Mudah Cek Status Android Root Atau Belum
Mengatasi Aplikasi Di Blokir Tidak Dapat Menginstall Di Android


Diposting oleh : Rafly Firmansyah

0 Response to "Sejarah Singkat Perusahaan Lenovo (Legend Group)"

Post a Comment